Senin, 02 Oktober 2006

Beranda » Meneladani Shalat Rasul

Meneladani Shalat Rasul

Meneladani Shalat Rasul
Umat Muslim saat melaksanakan shalat (ilustrasi).
Rasulullah SAW bersabda, “Laksanakanlah shalat sebagaimana kalian melihatku melaksanakan shalat.” (HR Bukhari)

Hadis di atas menegaskan, kaum Muslimin harus mempelajari cara shalat yang benar sesuai tata cara pelaksanaan shalat Nabi Muhammad SAW. Dan tata cara shalat sesuai tuntunan Nabi itu ada dalam hadis dan sunahnya.

Buku yang ditulis oleh Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ini membahas tentang tata cara shalat Rasulullah atau biasa disebut “Sifat Shalat Nabi” secara rinci, gamblang, dan sistematis. Mulai dari takbiratul ihram hingga salam.

Penulis menjelaskan, makna hadis tentang shalat secara per kata atau per kalimat, maupun menjelaskan syarah hadis secara umum. Kemudian, ditutup dengan inti sari dan faedah hukum yang diambil dari hadis.

Untuk memudahkan pembaca mempelajari buku ini, penerbit menyajikan buku ini dengan tampilan sistematik, yakni dengan penambahan judul pembahasan dalam setiap hadisnya. Pembaca bisa memilih untuk mempelajari hadis-hadis atau bagian dari tata cara shalat yang ingin diketahuinya.

Misalnya, doa iftiftah yang diajarkan Nabi, perlukah membaca taawudz sebelum membaca al-Fatihah, bagaimana hukum membaca basmalah pada surah al-Fatihah, hukum membaca “amin” setelah surah al-Fatihah, dan membaca surah lain setelah al-Fatihah pada dua rakaat pertama.

Pembahasan lainnya, ukuran lamanya waktu berdiri Nabi SAW di dalam shalat, surah-surah yang disunahkan dibaca dalam shalat lima waktu, surah yang dibaca saat Shalat Maghrib dan Subuh pada hari Jumat.

Buku ini juga mengupas tata cara dan bacaan rukuk, iktidal, dan sujud. Penulis juga membahas tentang doa kunut, baik saat ditimpa musibah maupun Shalat Shubuh. Tidak kalah pentingnya adalah tata cara dan doa  tasyahud, doa yang dibaca di dalam shalat, serta tata cara mengucapkan  salam di akhir shalat beserta lafalnya.

Bagian akhir buku ini menyajikan zikir dan doa yang dibaca setelah shalat wajib. Pendek kata, berbagai pertanyaan tentang tata cara shalat sesuai cara Nabi dijawab tuntas di dalam buku ini.

Buku Sifat Shalat Nabi merupakan satu dari empat buku Seri Ibadah karya Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin yang diterbitkan oleh Darus Sunnah.

Tiga buku lainnya adalah Sifat Puasa Nabi, Sifat Zakat Nabi, dan Sifat Haji Nabi. Keempat buku tersebut merupakan rangkaian  jilid lengkap kitab Fathu Dzi Al-Jalal wa Al-Ihram karya Syaikh Al-Utsaimin yang merupakan syarah kitab Bulughul Maram. N . ed: nashih nashrullah

Judul        : Sifat Shalat Nabi
Penulis    : Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
Penerbit  : Darus Sunnah
Cetakan  : III, Desember 2012
Tebal        : x+670 hlm






Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Irwan Kelana